Tips Membudidaya Buah Jambu Air Madu Hijau

Rabu, 02 September 2015

Tips Membudidaya Buah Jambu Air Madu Hijau

Tips Membudidaya Buah Jambu Air Madu Hijau


untuk varietas yang baru jambu air madu hijau ini adalah varietas yang mulai banyak dikembangkan oleh para penghobi buah-buahan yang banyak ditanam pada pekarangan rumah karena jambu air ini  sangat mudah untuk anda budidaya.


Dengan rasanya yang sangat manis jambu air madu ini sangat memiliki rasa yang segar dan juga manis. Degan kemanisannya tersebut jambu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi anda yang sudah pernah mencobanya. Di samping rasanya yang manis terdapat manfaat yang besar  pada jambu air ini, makanya permintaan yang tinggi menjadikan salah satu sebab makin banyaknya jambu air ini banyak dibudidayakan oleh banyak orang.


Tips serta cara membudidaya jambu air madu hijau

Memilih bibit yang akan digunakan
Bibit yang anda tanam haruslah memiliki sumber yang dapat dipercaya, sebab bibit yang ungul adalah awal yang baik untuk mendapatkan buah jambu air yang berkualitas baik.  Untuk bibit dapat anda buat dengan metode stek atau dengan cara cangkok dari induk tanaman yang sudah menghasilkan buah.

Cara penanaman pohon jambu air
Penanaman buah dapat anda lakukan didalam pot (tambulapot), dengan diameter 50 cm. untuk pot yang diberi lubang kecil bermanfaat untuk drainase selanjutnya diisi dengan tanah dan juga pupuk kandang dengan menggunakan perbandingan 1:1.
Pohon jambu air ini dapat anda susun rata dengan berjarak 2.5 m sampai 3 m, supaya terdapat sirkulasi pada udara yang masuk pada pohon jambu air ini.

Cara pemupukan dan juga penyiraman
Penyiraman dapat anda lakukan  selama 2 kali sehari, cara penyiraman dapat anda lakukan dengan  cara yang manual ataupun dengan kran otomatis dapat juga melalui fertigasi. Sehingga penyiraman dengan fertigasi dapat memudahkan pekerjaan anda jika pohon ditanam dalam jumlah yang sangat besar.

Pemupukan tersebut dapat anda lakukan 2 kali seminggu jika buah sedang berbuah dan 1 kali seminggu jika pohon jambu air tidak berbuah. Pupuk yang digunakan biasanya  memakai pupuk npk  dapat juga dengan pupuk kandang.

Untuk pengendalian hama
Untuk  dapat  kualitas buah yang terbaik tidak boleh ada 1 hama yang bersarang pada pohon ataupun pada buah,jadi  yang harus anda lakukan yaitu dengan cara membungkus buah dengan plastik, supaya dapat anda lakukan untuk mencegah masuknya hama secara evektif pada tanaman jambu air tersebut.

Panen
Buah yang tidak mengenal musim tersebut dapat anda panen sampai 10kg lebih perpohonya, pohon yang dapat anda panen minimal usianya mencapai usia 1,5-2 tahun. Sehingga buah dapat anda panen ketika buah benar-benar masak pada pohonnya.

Demikian kesimpulan tips dan budidaya jambu air madu hijau dari kami semoga bermanfaat.
Selanjutnya simaklah artikel tentang Cara Penanaman Bibit Apel Merah